Tunaiku Beri Kemudahan Akses Pinjaman Modal Usaha ke 100 Ribu Lebih UMKM

Tunaiku Beri Kemudahan Akses Pinjaman Modal Usaha ke 100 Ribu Lebih UMKM
Salah satu pelanggan Tunaiku. Foto Istimewa for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Amar Bank melalui produk pionir fintech Tunaiku kembali menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan inklusi keuangan melalui pendanaan kredit mikro untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tunaiku terus mendorong pinjaman produktif selama lima tahun, dan kini telah menyalurkan pendanaan modal usaha kepada lebih dari 100 ribu UMKM.

Kepala Kredit Retail Tunaiku Abraham Lumban Batu menuturkan selain untuk mewujudkan inklusi keuangan melalui pendanaan kredit mikro, visi yang diusung adalah teknologi harus memberikan dampak positif dalam meningkatkan taraf hidup seseorang.

"Karenanya, Tunaiku memberikan kemudahan akses pinjaman modal usaha dalam perannya mendorong pertumbuhan UMKM utamanya usaha mikro untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Abraham. 

Dukungan Amar Bank terhadap pertumbuhan usaha UMKM sejalan dengan fokus pembangunan pemerintah Indonesia.

Dari data Kementerian Koperasi dan UMKM per 2018, sebanyak 98.7% usaha di Indonesia merupakan UMKM dan sektor ini menyumbang Rp. 8.400 triliun atau setara dengan 60% dari total PDB Indonesia.

Atas angka tersebut, UMKM dinilai mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Sulitnya akses pinjaman untuk modal usaha dan bunga yang tinggi merupakan tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh pengusaha mikro karena sebagian besar dari mereka tidak memiliki agunan.

Tunaiku terus mendorong pinjaman produktif selama lima tahun kini telah menyalurkan pendanaan modal usaha kepada lebih dari 100 ribu UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News