Tunjuk Sofyan Basir, Rini Bantah ada Titipan Jokowi

Tunjuk Sofyan Basir, Rini Bantah ada Titipan Jokowi
Menteri ESDM Sudirman Said (kemeja putih pojok kanan), bersama Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah), dan Dirut PLN Sofyan Basir saat menggelar jumpa pers di kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/12) malam. Foto Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menunjuk Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Ia dianggap mumpuni dan bisa memajukan PLN ke depan lantaran sukses memimpin PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) sampai ke pelosok.

Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan bahwa Sofyan sudah melalui seleksi yang ketat, seperti yang sebelumnya kementerian lakukan untuk mencari calon dirut. Di samping itu ia juga melibatkan Menteri ESDM Sudirman Said dalam memberikan masukan.

"Prosesnya sama dengan (pencarian dirut) sebelum-sebelumnya. Ada proses assessment. Kami juga melakukan komunikasi yang mendalam dengan Menteri ESDM secara teknis," ucap Rini saat menggelar jumpa pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/12) malam.

Mantan menteri Perindustrian ini membantah saat ditanya apakah terpilihnya Sofyan juga melibatkan Presiden Joko Widodo, seperti yang sebelumnya ia lakukan bila menjaring dirut perusahaan pelat merah yang baru.

"Nggak ada namanya perintah dari bapak presiden, sama sekali nggak ada. Kita mencari putra putri terbaik bangsa karena Pak Sofyan bisa membuktikan kinerjanya selama di BRI. Membawa sistem di perbankan sampai seluruh pelosok di Indonesia. Oleh karena itu, kami melihat beliau mampu memberikan jasa pada seluruh bangsa Indonesia," papar Rini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menunjuk Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Ia dianggap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News