Senin, 22 Oktober 2018 – 05:53 WIB

Twitch, Platform Streaming yang Bikin Gamer Sejahtera

Minggu, 07 Oktober 2018 – 12:08 WIB
Twitch, Platform Streaming yang Bikin Gamer Sejahtera - JPNN.COM

jpnn.com - Selamat datang di sebuah komunitas. Tempat jutaan orang dengan ribuan macam kegemaran berkumpul bersama membahas video games maupun budaya pop melalui obrolan yang menarik. Begitulah Twitch menggambarkan keberadaannya.

Twitch merupakan platform live streaming video milik Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon. Dirilis kali pertama pada Juni 2011, Twitch merupakan spin-off dari layanan streaming dengan konten umum, Justin.tv.

Aplikasi itu fokus pada pemutaran permainan video game, termasuk siaran kompetisi esport. Tayangannya bisa disaksikan secara live atau melalui rekaman dengan menggunakan fitur video on demand.

Dikutip dari BBC, pada 2014 Twitch diakuisisi Amazon dengan nilai USD 1 miliar atau setara Rp 15 triliun! Itu menunjukkan seberapa bernilai dan berpengaruhnya Twitch.

Pada Juli 2018, Twitch sudah ditonton hingga 775 juta jam. Dua kali lipat dari live streaming di YouTube. Setiap bulan rata-rata ada 3 juta orang yang live.

Fakta itu jelas menjadikan Twitch sebagai salah satu platform paling menjanjikan kesejahteraan para bintangnya. Biaya berlangganannya USD 4,99 (Rp 75 ribu) hingga USD 25 (Rp 378 ribu). Tapi, bukan itu yang menjadi tambang uang pemainnya.

Para pemain itu menjadi sejahtera dari tip yang diberikan para subscriber. Tak jarang, ada yang memberikan donasi hingga USD 1.000 (Rp 15 juta) dalam sekali klik. Ada pula yang memberikan donasi hingga USD 100 ribu (Rp 1,5 miliar) per tahun. Dalam sehari, mereka yang sudah menjadi bintang dengan jumlah penonton ratusan saja bisa meraup USD 10 ribu (Rp 150 juta).

Para bintang di Twitch mempunyai sejumlah cara untuk mendulang uang. John MacDonald, misalnya. Bukannya memainkan game-nya sendiri, pria ber-nick name JohnnyBoi_i itu lebih suka menjadi analis dan komentator game Rocket League.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
TAGS   Twitch Video Game
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar