Uji Petik untuk Tekan Kecurangan Unas

Uji Petik untuk Tekan Kecurangan Unas
Uji Petik untuk Tekan Kecurangan Unas
JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan menerapkan uji petik atas pelaksanaan Ujian Nasional (unas) tahun 2011. Tujuannya, untuk mengetahui kredibilitas penyelenggaraan Unas di seluruh daerah di Indonesia.

Pelaksana tugas (plt) Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas), Suyanto, mengatakan bahwa pelaksanaan Unas tahun ini memang sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun lalu. Dalam rangka pelaksanaan uji petik itu, Kemdiknas akan membentuk tim yang akan melakukan pengawasan langsung pelaksanaan Unas di beberapa sekolah.

"Dengan adanya uji petik ini, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdiknas akan melakukan sampelisasi terhadap setiap anak dan sekolah di daerah terpilih,” ungkap Suyanto di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Kamis (24/3).

Dijelaskannya, nantinya Kemdiknas akan menyiapkan mekanisme khusus untuk mengetahui tingkat kejujuran siswa dan sekolah pada saat pelaksanaan Unas. “Misalnya, nanti kita dapat diketahui perbandingan antara nilai hasil Unas dengan nilai yang diberikan oleh sekolah. Kalau ternyata nilai sekolah jauh lebih tinggi dan tidak wajar, maka pastilah ada indikasi kecurangan di sekolah tersebut,” tukasnya.

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan menerapkan uji petik atas pelaksanaan Ujian Nasional (unas) tahun 2011. Tujuannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News