UM Surabaya Sediakan Rp2,5 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa Baru

Kamis, 10 Juni 2021 – 16:59 WIB
UM Surabaya Sediakan Rp2,5 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa Baru - JPNN.com
Mahasiswa sedang belajar. Ilustrasi Foto: Humas UM Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyiapkan dana beasiswa sebesar Rp2,5 miliar untuk calon mahasiswa baru.

Beasiswa dan program khusus tersebut diberikan sebagai upaya kampus meringankan beban orang tua mahasiswa baru yang terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan SDM Ma'ruf Sya'ban mengatakan, pihaknya ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana atau diploma. 

"Pandemi ini adalah masa yang sulit bagi sebagian orang, akan tetapi kesempatan untuk tetap belajar harus tetap terbuka" ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (10/6).

Ma'ruf menyebut bahwa dana miliaran rupiah itu akan dibagi dalam 12 beasiswa dan program unggulan. Hal tersebut dilakukan agar semua lapisan masyarakat bisa mengaksesnya.

"Dari masyarakat dengan ekonomi rendah, anak berkebutuhan khusus sampai anak dengan skill dan bakat tertentu," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) Radius Setiyawan menjelaskan bahwa beasiswa dan program unggulan terdiri dari program beasiswa KIP-K/Bidik Misi (alokasi dari pemerintah atau dari internal kampus). 

"Kemudian beasiswa tahfidz, influencer, atlet, difabel, alumni SMK IT, warga sekitar, dhuafa, undangan, putra-putri perawat atau bidan, program Ma`had Umar Bin Al Khatta, dan program Kuliah Berani Kerja (KBK)," kata dia. 

Radius menegaskan semua program di atas harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan dan melalui seleksi internal kampus. Penerima beasiswa dan program tersebut ke depannya juga akan mendapatkan pembinaan khusus dari biro kemahasiswaan, alumni dan inovasi.

"Prestasi yang pernah ditorehkan semasa SMA/SMK/MA harapannya tetap dijaga dan ditingkatkan," imbuh dia.

Beasiswa dan program tersebut telah dibuka. Pada tanggal 17 Juni 2021 akan dilakukan seleksi tahap pertama dan pada awal Agustus seleksi tahap kedua akan dilakukan.

Tentunya beasiswa dan program di atas sewaktu-waktu bisa ditutup jika kuota dan syarat yang ditetapkan telah terpenuhi.

Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi UM Surabaya dan kontak official WA melalui 0858-5244-6337. (mcr12/jpnn) 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...