Umat Islam Indonesia Harus Maju dan Berwawasan Luas

Umat Islam Indonesia Harus Maju dan Berwawasan Luas
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada acara Peringatan Haul ke-125 Syekh Nawawi Al Bantani di Pesantren Al Nawawi Serang, Banten, Jumat (13/7/2018). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, SERANG - Umat Islam Indonesia harus menjadi umat yang maju dan berwawasan luas dalam menjalankan ibadah sekaligus menjadi motor bagi persatuan dan kesatuan bangsa dengan semangat cinta Tanah Air.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan pada acara Peringatan Haul ke-125 Syekh Nawawi Al Bantani di Pesantren Al Nawawi Serang, Banten, Jumat malam (13/7/2018).

Menurut Marsekal Hadi, bangsa Indonesia sangat besar dan majemuk. Bangsa ini memiliki keanekaragaman gen, kebudayaan dan juga harum namanya. “Oleh karena itu saya merasa sangat terhormat dan bangga serta bisa turut hadir di sini dalam rangka Haul Syekh ke-125,” katanya.

Menurut Hadi, Syekh Nawawi Al Bantani seorang Ulama Besar yang banyak dapat diteladani dari kehidupannya. “Setidaknya ada hal penting yang bisa kita teladani dari perjuangan beliau yang berupaya benar-benar mengamalkan Al Quran dan Sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam,” tuturnya.

Lebih lanjut, Panglima TNI menjelaskan bahwa Syekh Nawawi Al Bantani sangat memahami Islam dengan sangat baik melalui pengalaman yang mendalam terhadap Alquran dan Hadist.

“Beliau sangat memperhatikan pendidikan lokal dengan mengajarkan ilmu yang telah diperolehnya kepada orang-orang di sekelilingnya serta menyadari bahwa pemahaman yang benar terhadap kandungan Al-Quran dan Hadist adalah hal yang mendasar dalam beribadah,” ujarnya.

“Kecintaan Syekh Nawawi Al Bantani kepada tanah air yang sangat besar dan dibutuhkan dalam pemersatu bangsa saat itu untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa,” imbuh Panglima TNI.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman menambahkan pada acara Haul ke-125 Syekh Nawawi Al Bantani, hadir antara lain Menteri Sosial RI M. Idrus Marham, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. Ma'ruf Amin, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo dan Danrem 064 Maulana Yusuf Serang Kolonel Czi Budi.(fri/jpnn)


Umat Islam Indonesia harus menjadi umat yang maju dan berwawasan luas dalam menjalankan ibadah sekaligus menjadi motor bagi persatuan dan kesatuan bangsa.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News