Untuk Pertama Kalinya, KCJ Terapkan Tiket Pulang Pergi

Untuk Pertama Kalinya, KCJ Terapkan Tiket Pulang Pergi
Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memprediksi ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 30 persen pada masa angkutan lebaran tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan asumsi tersebut, PT KCJ akan memberlakukan kebijakan baru berupa Tiket Harian Berjaminan Pulang Pergi (THB PP) untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di sejumlah stasiun tujuan dan mempermudah pengguna jasa yang tetap ingin menggunakan tiket harian.

Menurut Vice President Commnication PT KCJ, Eva Chairunisa, kebijakan yang dimulai hari ini, Minggu (3/7) baru pertama kali diterapkan. Diyakini akan mempermudah dan mengurangi antrean penumpang di loket stasiun.

"Secara fisik tidak ada perbedaan bentuk antara tiket THB PP dengan tiket THB yang selama ini berlaku pada perjalanan KRL, hanya saja secara sistem tiket tersebut bisa diisi tarif untuk dua kali perjalanan pulang pergi," kata Eva di Jakarta. 

Sebagai contoh, kata dia, penumpang dari stasiun Bogor dengan tujuan Jakarta Kota kini selain dapat membeli tiket relasi sekaligus untuk pulang. Dengan demikian ketika penumpang tiba di stasiun tujuan dan kembali ke stasiun asal tidak perlu lagi mengantre untuk isi ulang relasi THB.

Dengan ketentuan, transaksi hanya dapat dilakukan loket THB. Untuk Vending Machine (C-Vim) belum dapat melayani transaksi tersebut.

Tap In dan Tap Out di stasiun yang sama, maka seluruh tarif perjalanan PP akan hangus. Tiket tidak dapat digunakan apabila pengguna jasa KRL naik pada stasiun yang tidak sesuai dengan relasi pada THB PP

Eva juga menyampaikan, apabila terjadi gangguan perjalanan KRL, THB PP dapat dibatalkan di loket dengan ketentuan pembelian tarif dan jaminan dikembalikan sepenuhnya jika belum menyelesaikan perjalanan pertama. (wid/rmol/jpnn)

JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memprediksi ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 30 persen pada masa angkutan lebaran tahun ini dibanding


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News