Usulan Pemangkasan Biaya Haji Didukung

Usulan Pemangkasan Biaya Haji Didukung
Usulan Pemangkasan Biaya Haji Didukung
JAKARTA--Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendukung langkah Kementerian Agama (Kemenag) dalam upaya memangkas biaya haji melalui kerjasama dengan perusahaan terkait. Terutama yang berhubungan dengan biaya transportasi.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Jazuli Juwaeni, mengatakan dari hasil pertemuan antara komisi VIII dengan Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dan Dirjen Penyelenggaraann Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, memungkinkan terjadinya penurunan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun ini.

Itu terjadi setelah melihat bahwa peluang menekan cost dari sektor transportasi untuk mengangkut para jamaah bisa ditekan. "Komponen biaya ibadah haji yang paling besar adalah transportasi udara. Jika bisa diefisienkan maka akan terjadi penurunan yang signifikan pada BPIH tahun 2013," ujarnya dalam keterangan resmi usai pertemuan dengan Kemenag dan Kemenhub di gedung DPR RI, Rabu (7/3).

Khusus untuk biaya penerbangan, kata Jazuli, pengurangan biaya bisa dilakukan dengan mendorong agar maskapai penerbangan haji ditender dan dibuka ruang untuk berkompetisi antara maskapai yang memenuhi persyaratan. Kedua, Garuda Indonesia sebagai langganan pemenang tender dapat melakukan sewa pesawat dalam jangka panjang setidaknya minimal 1 tahun agar penggunan lebih optimal sehingga berdampak positif pada pengaturan strategi harga.

JAKARTA--Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendukung langkah Kementerian Agama (Kemenag) dalam upaya memangkas biaya haji melalui kerjasama dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News