Usulkan Bikin Badan Penanganan Bencana

Usulkan Bikin Badan Penanganan Bencana
Usulkan Bikin Badan Penanganan Bencana
JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar, Priyo Budi Santoso menilai penanganan bencana hanya tambal sulam. Makanya,perlu ada lembaga penanganan bencana  khusus yang langsung dibawahi oleh Presiden. "Saya mengusulkan, bentuk saja secara khusus lembaga penanganan bencana yang langsung dikomandoi Presiden atau minimal Wapres yang bersifat tetap, Jadi kalau ada bencana, lembaga ini sudah siap, tidak seperti sekarang yang gelagapan," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/10).

Pemberian bantuan dan mengavekuasi korban dalam bencana tidak dipersiapkan sehingga ketika terjadi bencana pemerintah gelagapan membersiapkan menangani bencana. "Pemberian bantuan, evakuasi dan lain-lain seperti kita kaget saat bencana. Harus seperti di Jepang, ada lembaga permanen. Itu satu satunya jalan untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi," ujarnya.

Menurut Priyo, lembaga penanganan bencana yang diusulkan itu punya kewenangan yang bisa lintas kementrian yang sifatnya permanen. "Sebenarnya kita sudah BNPB, tapi tidak memiliki kewenangan menembus semua Kementrian. Kalau BNPB tidak bisa karena tertatih-tatih," katanya.

Priyo menambahkan, apapun namanya, lembaga yang khusus menangani bencana dibawah koordinasi langsung harus ada. Soal anggaran untuk penanganan kata dia, bisa diambil dari Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) yang melebihi Rp 1000 Triliun. "Kita kan punya anggaran lebih dari 1000 triliun, pasti bisa diambil untuk tangani bencana,"ucapnya. (awa/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar, Priyo Budi Santoso menilai penanganan bencana hanya tambal sulam. Makanya,perlu ada lembaga penanganan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News