Usulkan Moratorium Haji untuk Tekan Arab Saudi

Usulkan Moratorium Haji untuk Tekan Arab Saudi
Usulkan Moratorium Haji untuk Tekan Arab Saudi
JAKARTA - Ketua DPR RI Marzuki Alie memunculkan wacana agar pemerintah Indonesia menghentikan sementara (moratorium) pemberangkatan jemaah haji. Menurut Marzuki, hal itu bukan untuk menghalangi masyarakat yang hendak beribadah namun untuk menekan Pemerintah Saudi Arabia agar memberikan pelayanan yang lebih baik dan manusiawi kepada jamaah haji asal Indonesia.

Berbicara dalam sebuah forum diskusi di grup BlackBerry, Minggu (4/11), Marzuki mengatakan, dari tahun ke tahun keluhan para jamaah haji selalu sama. "Keluhan jemaah dan masalah yang timbul masih itu-itu saja. Hak-hak para jemaah haji yang telah membayar BPIH selalu saja tidak bisa dipenuhi sesuai haknya," kata Marzuki.

Ia mencontohkan keluhan-keluhan jamaah seperti pemondokan, sarana transporatasi dan catering. Marzuki mengaku sudah mendapatkan laporan meski baru secara lisan perihal penyelenggaraan haji tahun ini. Misalnya penumpukan jemaah dalam satu pemondokan, karena kamar yang harusnya diisi 4 jamaah saja bisa ditempati 8-9 orang.

Hal yang juga jadi sorotan adalah fasilitas sanitasi MCK (Mandi Cuci Kakus). "Laporannya MCK yang jorok dan tidak manusiawi, terutama di Mina. Belum lagi sampah yang berserakan. Ini bukan hanya menyebabkan pemandangan yang tidak sedap tapi juga mengganggu kesehatan,” beber politisi Partai Demokrat itu.

JAKARTA - Ketua DPR RI Marzuki Alie memunculkan wacana agar pemerintah Indonesia menghentikan sementara (moratorium) pemberangkatan jemaah haji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News