Utusan dari Mesir Datang ke Istana, Ada Permintaan Khusus Kepada Jokowi, Apa Itu?

Utusan dari Mesir Datang ke Istana, Ada Permintaan Khusus Kepada Jokowi, Apa Itu?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan delegasi Republik Arab Mesir di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (18/3). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan delegasi Republik Arab Mesir di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (18/3).

Jokowi diundang Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim atau COP27.

Undangan itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry.

"Di dalam pertemuan tadi, Menteri Luar Negeri Mesir menyampaikan surat undangan dari Presiden El-Sisi kepada Bapak Presiden untuk hadir di dalam pertemuan COP27 yang akan dilakukan di Mesir pada November tahun ini," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan.

Selain itu, di dalam pembicaraan tersebut Presiden Jokowi dan delegasi Mesir membahas sejumlah hal, antara lain upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi.

Di bidang perdagangan, Retno menjelaskan angkanya cukup bagus, bahkan di tengah pandemi pun pada tahun lalu. Misalnya, perdagangan kedua negara mengalami kenaikan 57,6 persen dan mencapai USD 1,86 miliar.

"Dengan tren yang makin naik ini, kami optimistis bahwa ke depan kami akan terus dapat meningkatkan kerja sama perdagangan. Dan tadi Bapak Presiden juga menyampaikan pentingnya kedua belah pihak untuk terus bekerja bersama meningkatkan investasi di kedua negara," imbuh Retno.

Di samping itu, Presiden Jokowi menyampaikan mengenai masalah kerja sama di bidang pendidikan. Kepada Pemerintah Mesir, Presiden Jokowi menitipkan mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir yang jumlahnya sangat banyak.

Presiden Jokowi menerima undangan khusus dari Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi. Jokowi diminta datang ke Mesir akhir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News