Vexanium Dukung Penerapan Blockchain di IKN

Vexanium Dukung Penerapan Blockchain di IKN
Vexanium mendukung penerapan blockchain di IKN bertujuan untuk mencegah terjadinya korupsi. Foto: Vexanium

jpnn.com, JAKARTA - Blockchain Indonesia, Vexanium menyambut positif perilisan cetak biru (blue print) Ibu Kota Nusantara (IKN) oleh pemerintah, dalam hal ini Otorita IKN (OIKN).

Cetak biru merupakan gambaran menyeluruh perkembangan ibu kota baru Indonesia, dengan cita-cita mewujudkan kota layak huni dan berstandar kualitas hidup.

"Kami pasti sangat menyambut baik hal ini," ujar Danny Baskara, CEO & Founder Vexanium dalam keterangannya, Selasa (16/1).

Dalam cetak biru IKN, blockchain digambarkan sebagai teknologi yang memungkinkan untuk penyimpanan data dan terdistribusi dengan aman.

Data tersebut bersifat transparan sesuai mekanisme blockchain, dapat dimanfaatkan untuk mengelola berbagai aspek perkotaan, mulai dari sistem administrasi publik hingga pengelolaan sumber daya kota.

Dalam administrasi publik, blockchain dapat menyederhanakan proses pelayanan publik, seperti pendaftaran properti atau penerbitan izin usaha, efisien dan bertujuan mencegah terjadinya korupsi.

Sementara itu, untuk pengelolaan sumber daya kota, teknologi ini dapat membantu pelacakan dan pengelolaan sumber daya energi atau air, dan juga memastikan distribusi yang lebih efektif dan mengurangi limbah.

Blockchain juga diimplementasikan mendukung integrasi data real-time dari berbagai sumber, yang sangat penting untuk pengambilan keputusan yang cepat dan akurat dalam konteks IKN.

Vexanium mendukung penerapan blockchain di IKN bertujuan untuk mencegah terjadinya korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News