Virus Mirip SARS Terdeteksi di Timteng

Virus Mirip SARS Terdeteksi di Timteng
Virus Mirip SARS Terdeteksi di Timteng
LONDON – Di tengah keberangkatan para jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci saat ini, ada kabar yang kurang mengenakkan. Virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan terdeteksi di Timur Tengah (Timteng).

Virus baru yang menyerupai virus SARS (sindrom pernapasan akut berat) ditemukan pada warga Arab Saudi dan Qatar.

Wabah SARS merebak di dunia pada 2002-2003. Mulai muncul di Hongkong, virus tersebut kemudian menginfeksi individu di 37 negara pada awal 2003. Ketika itu, tercatat 8.422 kasus penderita dan 916 kematian akibat virus SARS.

Adalah Inggris yang mendeteksi virus baru mematikan tersebut. Virus jenis koronavirus itu memunculkan gejala mirip penyakit SARS pada manusia. Setelah menemukan kasus tersebut, Inggris melaporkan temuan itu ke Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam pernyataannya kemarin (24/9), WHO mengaku masih terlalu dini untuk menyatakan bahwa penyakit fatal akibat koronavirus tersebut mirip SARS. Bahkan, mereka tidak yakin jika virus tersebut bisa menyebabkan kematian seperti SARS. Sebab, saat ini pria asal Qatar yang positif mengidap koronavirus tersebut masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit Inggris.

LONDON – Di tengah keberangkatan para jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci saat ini, ada kabar yang kurang mengenakkan. Virus mematikan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News