Vonis Mati Empat Demonstran

Vonis Mati Empat Demonstran
Vonis Mati Empat Demonstran
MANAMA - Pengadilan militer Bahrain memvonis empat demonstran Syiah dengan hukuman mati karena terbukti membunuh polisi saat terlibat aksi anti pemerintah bulan lalu. Tiga terdakwa lainnya divonis hukuman seumur hidup karena terlibat dalam pembunuhan tersebut.

Vonis tersebut belum berkekuatan hukum tetap karena ada kesempatan banding. Tetapi, keputusan pengadilan itu merupakan yang pertama terkait dengan aksi perlawanan massa terhadap pemerintah.

Warga Bahrain yang mayoritas Syiah sudah sejak lama menyimpan kemarahan atas ketidakadilan dan diskriminasi oleh penguasa Suni yang minoritas. Untuk menghadapi perlawanan rakyatnya, penguasa Bahrain memberlakukan status darurat militer dan mengizinkan pasukan dari negara tetangga, Arab Saudi dan negara Suni lain, menghentikan perlawanan Syiah. Kebijakan itu diambil selang beberapa hari setelah bentrokan bersenjata di ibu kota, Manama.

Bagi negara Arab di bawah pemerintahan Sunni, Syiah Bahrain dinilai berkaitan dengan Iran. Para pemimpin Arab khawatir, jika pemerintah Bahrain jatuh ke kekuatan Syiah, republik Islam di sekitarnya akan terpengaruh. Meski tidak ada keterkaitan sejarah antara Syiah Bahrain dan Iran, 70 persen penduduk Bahrain penganut Syiah. (AP/cak/dwi)

MANAMA - Pengadilan militer Bahrain memvonis empat demonstran Syiah dengan hukuman mati karena terbukti membunuh polisi saat terlibat aksi anti pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News