Waduh! Tingkat Ketidakpuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Naik

Waduh! Tingkat Ketidakpuasan Terhadap Kinerja Pemerintah Naik
Yunarto Wijaya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Charta Politika Indonesia mengeluarkan survei nasional tentang Evaluasi Kebijakan dan Peta Politik Masa Pandemi yang dilaksanakan pada 12-20 Juli 2021.

Satu di antaranya, survei menghitung tentang tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah era Joko Widodo dengan Maruf Amin.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut survei pihaknya menunjukkan kecenderungan penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah dibandingkan dengan survei periode sebelumnya.

"Ada tren ketidakpuasan naik cukup tinggi dibandingkan dengan tiga survei terakhir," tutur Yunarto saat membeberkan survei secara daring, Kamis (12/8).

Hasil survei terbaru pihaknya menunjukkan 34,1 persen menyatakan tidak puas terhadap kinerja pemerintah.

Sementara itu, 62,4 persen publik puas dan ada 3,5 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab tentang kepuasan terhadap kinerja pemerintah.

Angka ketidakpuasan responden terhadap pemerintah menurut survei Charta Politika Indonesia pada Januari sebesar 15,7 persen. Meningkat pada Februari 2021 menjadi 18,9 persen.

Selanjutnya pada Maret 2021 angka ketidakpuasan mengalami tren peningkatan menjadi 21,2 persen. Sampai akhirnya, pada Juli ini angkanya mencapai 34,1 persen.

Charta Politika Indonesia mengeluarkan survei nasional tentang Evaluasi Kebijakan dan Peta Politik Masa Pandemi yang dilaksanakan pada 12-20 Juli 2021. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News