Wah, Gara-gara Ini Wilayah NKRI Bisa Mundur

Wah, Gara-gara Ini Wilayah NKRI Bisa Mundur
Ilustrasi. FOTO; dok/jpnn

jpnn.com - KARANG Unarang di wilayah Ambalat, Kalimantan Utara (Kaltara), harus mendapat perhatian khusus. Saat ini, kondisinya yang mulai keropos bisa membuat wilayah NKRI berkurang. 

Karang Unarang merupakan sebuah mercusuar di Ambalat, Kalimantan Utara. Jaraknya pun hanya 9 mil dari wilayah Sebatik. Sayang, kondisinya memprihatinkan. Suar di Karang Unarang mulai keropos. 

Bahkan, tangga untuk naik ke menara suar tidak lagi bisa dinaiki. Kedalaman di sekitar suar Karang Unarang hanya 2-3 meter, kemudian melebar ke kedalaman 47 hingga 60 meter

''Posisi Karang Unarang merupakan salah satu titik dasar terluar NKRI. Bila keberadaannya tidak diperhatikan dan eksistensinya tidak dikuatkan kembali, lama-lama bisa menghilang. Kita sendiri yang akan mengalami kerugian karena akan membuat posisi wilayah laut NKRI mundur,'' ungkap Komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Wahyudi H. Dwiyono kepada Radar Tarakan (Jawa Pos Group).

Persoalan ini, terang dia, butuh penanganan bersama, bukan hanya oleh TNI-AL. Namun, tambah Wahyudi, pemerintah pusat maupun daerah harus terlibat. 

''Dari hasil komunikasi yang saya lakukan dengan Pj Gubernur Kaltara (Triyono Budi Sasongko), beliau menyambut positif. Kami sudah melihat kondisi terakhir Karang Unarang menggunakan kapal Republik Indonesia (KRI) Pandrong,'' ujar Wahyudi.

Dari kunjungan tersebut, dihasilkan sebuah ide untuk sesegera mungkin membangun sebuah helipad (landasan helikopter) persis di lokasi Karang Unarang. Wacana pembangunan helipad ini sudah sesuai dengan keinginan pusat. 

Wacana tersebut, ungkap Wahyudi, bersifat mendesak. Sebab, kondisi terakhir fondasi suar Karang Unarang sudah terlihat keropos dan dikhawatirkan roboh.

KARANG Unarang di wilayah Ambalat, Kalimantan Utara (Kaltara), harus mendapat perhatian khusus. Saat ini, kondisinya yang mulai keropos bisa membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News