Wamenaker Afriansyah Berharap Revitalisasi Balai K3 Samarinda Jawab Isu Ketenagakerjaan

Wamenaker Afriansyah Berharap Revitalisasi Balai K3 Samarinda Jawab Isu Ketenagakerjaan
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat mengunjungi fasilitas penyiapan tenaga kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (2/4). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengapresiasi atas revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Samarinda yang mengarah kepada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan revitalisasi sarana dan prasarana.

Hal itu disampaikan Wamenaker Afriansyah saat mengunjungi fasilitas penyiapan tenaga kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (2/4).

Dia berharap revitalisasi Balai K3 yang telah dan akan terus dilakukan mampu menjawab tiga hal terkait isu ketenagakerjaan, khususnya layanan K3.

"Tiga isu ketenakerjaan tersebut, yakni kecepatan dan kompetensi personel pelaku layanan K3, kebutuhan peralatan uji K3, dan kebutuhan sarana dan prasarana gedung yang lengkap dan modern," kata Wamenaker Afriansyah Noor dalam keterangan resminya, Rabu (3/4).

Wamenaker Afriansyah berharap Balai K3 setelah direvitalisasi dapat diperankan sebagai Center of Excellent di bidang layanan pengawasan ketenagakerjaan dan layanan pengujian K3 serta peningkatan kapasitas SDM K3.

"Balai K3 juga dapat berperan sebagai Forensic Laboratory untuk mendukung kinerja pengawas ketenagakerjaan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil dalam melakukan investigasi kasus-kasus kecelakaan kerja yang memerlukan data-data hasil pengujian dalam penetapan penyebab kecelakaan guna pencegahan kecelakaan berikutnya terjadi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenaker Afriansyah Noor juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam membenahi layanan Balai K3.

Dia menilai ada beberapa hal yang diperlukan agar terjadi percepatan dan Balai K3 terwujud sesuai harapan.

Wamenaker Afriansyah berharap Balai K3 Samarinda mampu menjawab tiga hal terkait isu ketenagakerjaan, khususnya layanan K3

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News