Wamenaker Afriansyah Ungkap Solusi Tepat Mempercepat Pemenuhan Tenaga Kerja Terampil

Wamenaker Afriansyah Ungkap Solusi Tepat Mempercepat Pemenuhan Tenaga Kerja Terampil
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat menjadi pembicara pada Forum Kapasitas Nasional III 2023 Wilayah Sumbagut secara virtual, Rabu (12/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengungkapkan kondisi ketenagakerjaan secara global maupun nasional menghadirkan tantangan serta peluang dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Salah satu tantangan dan tersebut adalah bonus demografi yang apabila tidak dimanfaatkan dengan baik akan menjadikan Indonesia negara yang tua dan miskin.

“Karena itu, pelatihan vokasi menjadi solusi tepat percepatan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja yang terampil,” kata Wamenaker Afriansyah Noor, ketika menjadi pembicara pada Forum Kapasitas Nasional III 2023 Wilayah Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) secara virtual, Rabu (12/7).

Wamenaker Afriansyah mengatakan dalam meningkatkan kompetensi berdasarkan suatu keunggulan, peran pelatihan vokasi dapat menjadi solusi dari rendahnya daya saing angkatan kerja di era digitalisasi dan mismatch lapangan kerja pada masa pemulihan ekonomi karena dampak pandemi Covid-19.

Dia menyampaikan untuk memenuhi kebutuhan akan ketersediaan tenaga kerja yang kompeten, Kemnaker telah menerapkan konsep triple skilling, yakni skilling, up-skilling dan re-skilling yang memiliki sasaran, tujuan, serta outcome berbeda dari setiap kegiatannya.

“Keahlian merupakan hal paling penting bagi angkatan kerja," tegas Wamenaker Afriansyah.

Selain itu, dalam mendorong peningkatan kualitas SDM dan produktivitas tenaga kerja di daerah, Wamenaker Afriansyah meminta para stakeholders agar bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) milik Kemnaker untuk bersama-sama menyiapkan SDM Indonesia yang kompeten.

“Saya harapkan kita semua dapat lebih siap untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing SDM Indonesia,” pesan Wamenaker Afriansyah. (mrk/jpnn)

Wamenaker Afriansyah Noor meminta agar bonus demografi dimanfaatkan dengan baik dengan meningkatkan kompetensi SDM Indonesia


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News