Wamendag: Kerja Sama Indonesia-Uni Eropa Dapat Diperluas, jika...

Wamendag: Kerja Sama Indonesia-Uni Eropa Dapat Diperluas, jika...
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berharap Uni Eropa meningkatkan komitmen kerja sama. Foto dok. Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berharap Uni Eropa meningkatkan komitmen kerja sama.

Salah satunya dengan menargetkan selesainya perundingan Indonesia-Europe Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) tahun ini.

Menurut Jerry, kerja sama Indonesia dan Uni Eropa dapat terus diperluas dan ditingkatkan jika kedua pihak membangun hubungan yang setara dan saling memahami satu sama lain.

Berpuluh tahun, Indonesia dan Uni Eropa saling bertukar produk perdagangan, kerja sama investasi dan ekonomi yang lebih luas. 

"Meskipun demikian, beberapa ketidaksepahaman perdagangan juga terjadi, misalnya dalam kasus sengketa kelapa sawit dan nikel," kata Wamendag Jerry dalam dialog public Fostering Growth and Global Integration yang diselenggarakan Eurocham beberapa waktu lalu.

Menurut Wamendag, beberapa ketidaksepahaman itu bisa diselesaikan jika Uni Eropa melihat masalah dari kedua sisi sehingga kepentingan masing-masing pihak bisa diakomodasi dengan baik. 

Indonesia sebagai pemimpin ASEAN, tekan Wamendag Jerry, akan membawa kawasan ini menjadi kawasan yang makin penting dalam percaturan ekonomi dan politik global.

Semangat yang diusung Indonesia adalah semangat kolaborasi dan kooperasi. Jerry mengajak Uni Eropa untuk menerapkan hal yang sama sehingga kedua kawasan bisa tumbuh bersama dalam semangat inklusivitas.

Wamendag: Jerry Sambuaga mengatakan kerja sama Indonesia-Uni Eropa dapat diperluas, jika...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News