Wamendag Sebut Pemerintah Bakal Terus Fasilitasi UKM Tembus Pasar Global

Wamendag Sebut Pemerintah Bakal Terus Fasilitasi UKM Tembus Pasar Global
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan pemerintah terus mendukung UKM untuk go internasional. Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar ekspor.

“Saat ini Indonesia sedang bertransformasi dari negara eksportir barang mentah dan setengah jadi, menjadi negara eksportir barang industri dan industri berteknologi tinggi,” kata Wamendag lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu (10/2).

Menurutnya, saat ini Kemendag membantu UKM lebih kompetitif sehingga dapat menembus pasar ekspor negara tradisional dan nontradisional.

Beberapa sektor yang konkret menunjukkan transformasi tersebut antara lain pada ekspor komoditas besi baja, kendaraan bermoto, serta perhiasan.

"Sektor tersebut mampu memberikan tingkat upah yang cukup tinggi dan melibatkan banyak UKM Indonesia," paparnya.

Jerry menjelaskan, perlu dilakukan langkah bersama dalam mengidentifikasi produk-produk UKM yang akan diangkat ke pasar internasional. Di samping juga diperlukan berbagai kegiatan serta langkah-langkah peningkatan kualitas dan performa produk-produk UKM dalam negeri tersebut.

“Dengan identifikasi yang cermat dan dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan, diharapkan kita dapat mengembangkan berbagai produk UKM potensial agar bisa berjaya di pasar global,” ujar Jerry.

Dia pun mengapresiasi kinerja para perwakilan perdagangan di luar negeri, baik Atase Perdagangan maupun Indonesian Trade Promotion Center yang turut melakukan sosialisasi seputar kebijakan perdagangan Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News