Warga Alami Kulit Bolong-bolong, Melepuh, Diduga Ini Penyakitnya

Warga Alami Kulit Bolong-bolong, Melepuh, Diduga Ini Penyakitnya
Pedagang menyerat ternak sapinya di Pasar Hewan Beji, Tulungagung. Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Sebanyak enam warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur, dikabarkan mengalami gejala penyakit kulit, seperti melepuh yang membentuk lingkaran disertai gatal-gatal di mana ciri-cirinya mirip gejala antraks.

"Antraks di (Kecamatan) Pagerwojo, infonya sudah menyebar ke manusia. Ada enam warga yang (sudah) terkontaminasi, kulitnya bolong-bolong," kata sumber berlatar belakang ASN yang enggan disebutkan identitasnya dilansir dari Antara, Sabtu (5/6).

Saat informasi ini dikonfirmasikan ke Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka, dia tidak langsung membenarkan dengan dalih isu itu menjadi ranah kewenangan pimpinan.

Didik merasa tidak berhak memberi pernyataan kendati memiliki data dan informasi awal mengenai wabah antraks pada ternak yang diduga telah menular pada warga.

"Jujur saya tidak berani komentar. Ini ranahnya masih (ada) di pimpinan. Jadi kalau memang begitu ya silakan langsung ke Pak Kadin (Kepala Dinas Kesehatan) saja," kata Didik.

Namun, setelah mengetahui bahwa isu antraks pada ternak sapi di Pagerwojo sudah dipublikasi di media massa dengan mengutip pernyataan langsung dari Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Didik pun kemudian membenarkan informasi adanya enam warga yang mengalami penyakit kulit yang gejalanya sangat mirip dengan ciri penyakit antraks.

"Kalau misalnya pernyataan pak bupati ada yang di hewan (ternak), ya, monggo (silakan) itu ranahnya Disnak (Dinas Peternakan), ya. Tapi kalau (yang ke) manusia, dari ciri-ciri klinis memang ada. Tapi kami belum mendapat konfirmasi apakah itu antraks atau bukan," kata Didik.

Dijelaskannya, ada enam warga yang sempat berobat ke Puskesmas Pagerwojo. Semuanya berasal dari Desa Sidomulyo.

Sebanyak enam warga Desa Sidomulyo, Tulungagung, dikabarkan mengalami gejala penyakit kulit, seperti melepuh yang membentuk lingkaran disertai gatal-gatal.