Warga Demo Tuntut DBH Migas 10 Persen

Warga Demo Tuntut DBH Migas 10 Persen
Warga Demo Tuntut DBH Migas 10 Persen
AIMAS – Ratusan warga distrik Seget menggelar aksi demo damai di kantor DPRD Kabupaten Sorong menuntut 10 persen Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang diterima Kabupaten Sorong dari pemerintah pusat. Demonstran datang menggunakan belasan truk sekitar pukul 11.30 WIT Kamis  (6/9) di gedung rakyat yang terletak di Km 18 Sorong. Demonstran selain berasal dari tokoh adat, tokoh pemuda, kaum ibu, juga melibatkan anak-anak usia sekolah.

Menurut demonstran, sekian tahun dana bagi hasil migas dari pemerintah pusat ke daerah, tidak sedikitpun digunakan untuk membangun wilayah mereka yang merupakan daerah penghasil minyak dan gas, padahal kekayaan alam Seget berupa migas sudah dikelola silih berganti oleh berbagia perusahaan migas sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini.

Dalam aksinya, masyarakat adat dari distrik Seget ini melengkapi diri dengan sejumlah spanduk dan pamphlet berisikan tuntutan dan aspirasi masyarakat yang disuarakan kepada wakil rakyat di DPRD Kabupaten Sorong, diantaranya ‘Kami masyarakat adat pemilik hak ulayat, meminta pemerintah Kabupaten Sorong dan DPRD Kabupaten Sorong mengembalikan 10 persen dari Rp 43.594.998.483 dana bagi hasil migas’, ‘Pemerintah Kabupaten Sorong menutup mata terhadap kami masyarakat pemilik hak ulayat tanah adat, kami hidup diatas kekayaan, tetapi kami miskin dan menderita selama 40 tahun’, ‘Kami generasi penerus bangsa ingin merasakan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan yang layak. Kembalikan 10 persen dari hasil migas kepada kami untuk melanjutkan pendidikan’, serta sejumlah aspirasi dan tuntutan lainnya.

Kordinator aksi, Seem Mugu, terlihat menitikkan air mata atas kenyataan yang dihadapi masyarakatnya yang susah dan kondisinya memprihatinkan, padahal dana bagi hasil migas terus mengaliar dari pemerintah pusat ke daerah, namun nyatanya kehidupan masyarakat di daerah Seget yang merupakan daerah penghasil migas, masih sangat memprihatikan.

AIMAS – Ratusan warga distrik Seget menggelar aksi demo damai di kantor DPRD Kabupaten Sorong menuntut 10 persen Dana Bagi Hasil (DBH) Migas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News