JPNN.com

Warga Malaysia Punya E-KTP Indonesia, Ini Wajahnya

Senin, 18 Juli 2016 – 13:45 WIB
Warga Malaysia Punya E-KTP Indonesia, Ini Wajahnya - JPNN.com
DI BALIK JERUJI. Warga Malaysia, Lau Eou Chung mendekam di tahahan Imigrasi Kota Singkawang, Minggu (17/7). Foto: Suhendra/ Rakyat Kalbar

SINGKAWANG – Tak hanya warga Indonesia yang punya KTP elektronik alias e-KTP. Warga Malaysia pun ternyata bisa memilikinya. Itu dibuktikan oleh Lau Eou Chung.

Pria asal Malaysia itu sudah lama menyembunyikan identitasnya. Dia mengelabui pemerintah Indonesia agar bisa menjadi warga Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Ketika digeledah tim pengawasan orang asing dan Imigrasi Klas II Singkawang, Maret laly, Lau Eou Chung mengaku WNI dengan menunjukkan identitas diri berupa e-KTP dengan nama Pabayo Lau.

Entah bagaimana warga Malaysia itu dengan mudah mendapatkan kartu identitas berupa KTP di Kota Singkawang. Di KTP miliknya, Lau Eou Chung berstatus sebagai warga Jalan Sagatani Gare, Sijangkung, Singkawang Selatan.

Beruntung, tim pengawasan orang asing dan petugas Imigrasi Singkawang tak percaya begitu saja. Namun, butuh waktu lama bagi petugas memantau gerak-gerik dan menelusuri identitas Lau Eou Chung.

“Dia berhasil kita amankan di sebuah warung kopi, tepatnya di depan Hotel Prapatan Singkawang pada Kamis, 14 Juli 2016 lalu,” ujar Yose Rizal, Kasi Wasdakim Imigrasi Klas II Singkawang, Minggu (17/7).

Menurut Yose, butuh waktu empat bulan membuktikan Lau Eou Chung merupakan warga negara Malaysia. Lau sempat dilepas lantaran pihak Imigrasi Singkawang belum dapat membuktikan bahwa dia warga jiran.

“Namun kita masih penasaran, lantaran dari obrolan-obrolan yang kita lakukan logat (Malaysia)-nya sangat kental sekali. Kami yakin dia bukan orang Indonesia,” paparnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ragil