Waspada! 5 Penyakit Serius Ini Berawal dari Sakit Perut

Waspada! 5 Penyakit Serius Ini Berawal dari Sakit Perut
Sakit perut atau diare. ILUSTRASI. Foto: Laman India Times

jpnn.com - Sakit perut sering didefinisikan sebagai rasa kram atau nyeri yang bersifat tumpul di area perut. Sakit perut merupakan salah satu keluhan yang paling sering dirasakan oleh sebagian besar orang.

Rasa tidak nyaman di daerah perut bisa muncul dengan bermacam-macam gejala yang bervariasi. Keluhan nyeri pada perut dapat disebabkan karena gangguan organ yang berada di dalam perut, ataupun dari organ di luar perut. Namun kedua kondisi tersebut sama-sama menimbulkan gejala yang dirasakan di area perut.

Sakit perut dan penyakit serius

Ada kalanya sakit perut merupakan suatu penanda dari hal yang sifatnya serius. Jika sakit perut muncul secara tiba-tiba dan tidak terduga, hal tersebut harus dianggap sebagai keadaan yang bersifat darurat medis. Terutama jika rasa nyeri tersebut terkonsentrasi di area perut tertentu.

Seseorang yang sehat dan tiba-tiba merasakan sakit perut hebat, dapat disebabkan oleh adanya sumbatan, perforasi, atau puntiran pada organ dalam perut. Nyeri yang bertahap makin hebat biasanya disebabkan oleh proses radang, misalnya pada kolesistitis (radang saluran empedu) atau pankreatitis (radang pada pankreas) yang bersifat akut.

Beberapa penyakit serius yang ditandai dengan sakit perut, antara lain:

1. Radang usus buntu (appendicitis akut)

Peradangan yang terjadi pada organ usus buntu berupa kantung seperti jari dan terhubung ke usus besar. Pada penyakit ini timbul gejala nyeri hebat pada perut bagian kanan bawah.

Ada kalanya sakit perut merupakan suatu penanda dari hal yang sifatnya serius. Karena itu, pertanda ini tidak boleh disepelekan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News