Senin, 17 Desember 2018 – 23:33 WIB

Waspada, Jangan Overdosis Makan Pisang

Kamis, 06 Desember 2018 – 23:10 WIB
Waspada, Jangan Overdosis Makan Pisang - JPNN.COM

jpnn.com - Buah pisang sangat baik dikonsumsi setiap hari. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh makan pisang sebanyak-banyaknya. Sebab, makan pisang secara berlebihan ternyata bisa memicu sakit kepala dan rasa kantuk.

Flores mengatakan, sakit kepala setelah makan pisang terlalu banyak bisa disebabkan oleh asam amino pada pisang yang bekerja melebarkan pembuluh darah. 

Apalagi yang dimakan adalah pisang yang terlalu matang, yang mengandung lebih banyak asam amino daripada pisang lainnya.

Perihal pisang menyebabkan rasa kantuk, Flores pun menjelaskan, pisang juga dapat berkontribusi menimbulkan rasa kantuk ketika dimakan berlebihan karena tingginya jumlah tryptophan yang ditemukan di dalamnya.

Sementara itu, United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan takaran makan pisang yang aman adalah sekitar 2 buah pisang per hari.

Terakhir, zat kalium yang terdapat dalam pisang juga sebaiknya Anda waspadai. The University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa konsumsi berlebihan kalium ternyata bisa menyebabkan hiperkalemia, yang ditandai oleh kelemahan otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung yang tidak teratur.

Nah, kini Anda telah mengetahui beragam manfaat makan pisang setiap hari. Namun perlu diingat, konsumsilah buah pisang sesuai takaran yang telah dianjurkan, jangan lebih dari itu. 

Sebab, makan buah pisang terlalu banyak dalam sehari justru dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.(NP/ RVS/klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar