Waspada! Pileg 2019 Rawan Hasilkan Caleg Stres

Waspada! Pileg 2019 Rawan Hasilkan Caleg Stres
Pemilu 2019. Ilustrasi: radartegal.com

jpnn.com, DENPASAR - Gelaran Pileg 2019 kurang dari dua bulan. Jumlah calon anggota legislatif (caleg) DPRD Bali sebanyak 547 orang.

Rinciannya 334 caleg laki-laki dan 213 caleg perempuan. Dari jumlah DCT yang ada didominasi caleg umur 40 tahun ke atas. Masalahnya, tidak mungkin semua caleg terpilih.

Mereka yang gagal terpilih pun bisa terserang berbagai gangguan. Mulai gangguan ekonomi, kesehatan, hingga terparah gangguan kejiwaan.

Menurut Direktur Utama RSJ Bangli, I Dewa Gede Basudewa, gangguan jiwa dibagi menjadi beberapa bagian.

Pertama, gangguan jiwa tampak dengan gejala tampak atau positif dengan ciri mudah marah, memaki, merusak, mengancam, bahkan mencari kesalahan orang lain.

Golongan kedua, gejala tak tampak atau negatif. Biasanya, ditandai dengan mengasingkan diri dari orang lain, menjadi pendiam, merasa sendiri, merasa tidak berharga, hingga merasa malu.

BACA JUGA: KPU: Partisipasi Pemilih Perempuan Meningkat

Nah, golongan ketiga, biasanya penderita berbicara sendiri. Untuk pemulihan caleg stres, biasanya dibutuhkan waktu 14 hingga 42 hari. Perawatan mulai dari pemberian obat medis hingga terapi.

Caleg yang gagal terpilih bisa terserang berbagai gangguan. Mulai gangguan ekonomi, kesehatan, hingga terparah gangguan kejiwaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News