Rabu, 23 Januari 2019 – 19:14 WIB

Waspadai Kanker Prostat, Cek Gejalanya Sejak Dini

Senin, 14 Januari 2019 – 21:20 WIB
Waspadai Kanker Prostat, Cek Gejalanya Sejak Dini - JPNN.COM

jpnn.com - Kanker prostat adalah kanker non-kulit paling umum yang menyerang pria. Usia dan ras dianggap sebagai faktor risiko karena pria yang lebih tua cenderung terpengaruh daripada yang lain.

"Pemeriksaan rektal sederhana yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit dan tes darah PSA tahunan mulai pada usia 40 tahun adalah alat skrining yang baik yang digunakan para urolog untuk mendeteksi perubahan kelenjar prostat," kata Dr. David Samadi, ketua Urologi dan kepala Robotic Bedah di Lenox Hill Hospital di New York , seperti dilansir laman MSN, Minggu (13/1).

Sementara kanker mudah diobati jika terdeteksi dan didiagnosis pada tahap awal, para ahli mencatat bahwa gejala dari penyakit ini cenderung terjadi kemudian hari.

1. Masalah kontrol kandung kemih

Kehilangan kontrol atas kandung kemih Anda (dikenal sebagai inkontinensia urin) bisa menjadi tanda masalah dengan prostat. Kanker bisa menyebabkan pembesaran dan melemahnya prostat, yang pada gilirannya bisa memblokir uretra.

Proses menghilangkan urin dari tubuh menjadi lebih sulit dan lebih tidak menentu, sebagai hasilnya. Beberapa tanda termasuk ketegangan, kebocoran, penurunan kekuatan, kandung kemih terlalu aktif dan perasaan buang air kecil yang tidak tuntas.

2. Nyeri di daerah panggul

Nyeri di area panggul yang terasa seperti tikaman pisau tajam harus diperiksa karena ini bisa menjadi tanda nyeri neuropatik yaitu ketika saraf diserang oleh kanker.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar