Waspadai Tingginya Harga Gula

Waspadai Tingginya Harga Gula
Waspadai Tingginya Harga Gula
JAKARTA - Pengamat Kebijakan industri, perdagangan dan investasi Hasto Kristianto meminta semua pihak untuk mewaspadai tingginya harga gula dalam negeri, agar tidak dijadikan modus masuknya gula rafinasi ke pasar gula konsumsi. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah belum bisa secara matang menyusun perencanaan pergulaan nasional, sehingga konsumen menjadi korban atas harga gula yang tinggi.

“Komisi VI DPR-RI sebaiknya mendesak  pemerintah untuk mempertegas pengawasan terhadap  pelaku industri gula rafinasi agar tidak memanfaatkan tingginya harga gula untuk kepentingan bisnis semata,” ujar Hasto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/1).

Pemerintah harus menegaskan kembali kebijakan industri gula nasional melalui langkah-langkah revitalisasi industri gula nasional dan integrasi hulu hilir. “Hal itu perlu dilakukan guna meningkatkan nilai tambah dalam sistem  produksi nasional serta mengurangi ketergantungan terhadap impor,”tegas mantan anggota Komisi VI DPR ini.

Berdasarkan data Departemen Perdagangan, harga rata-rata nasional gula per 6 Januari 2010, telah mencapai Rp 11.195/kg atau naik Rp 89/kg dibandingkan hari sebelumnya. Sedangkan harga rata-rata Januari 2010, dibandingkan bulan sebelumnya, naik Rp 970/kg.

JAKARTA - Pengamat Kebijakan industri, perdagangan dan investasi Hasto Kristianto meminta semua pihak untuk mewaspadai tingginya harga gula dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News