Web Series, Alternatif Tontonan di Era Content Creator

Web Series, Alternatif Tontonan di Era Content Creator
Kok Belum Nikah? salah satu web series lokal yang populer di YouTube. Foto: YouTube

jpnn.com - Media untuk bisa mendapatkan hiburan kini semakin luas. YouTube adalah salah satu di antaranya. Mulai klip video, vlog, hingga web series, semua ada. Audiens pun bebas memilih dan mengakses. Kalau kurang puas hanya sekali menonton, bisa berulang-ulang.

Kalau boleh dibilang, sekarang adalah era content creator. Merekalah sosok-sosok kreatif yang membuat konten video untuk dibagikan via YouTube maupun media sosial yang lain. Salah satu di antaranya, Space # (Space Hashtag). Mereka cukup produktif. Berbagai macam web series dirilis. Mulai drama, komedi, hingga talk show.

Menurut RA Faradhita Indriana, perwakilan Space #, web series adalah bentuk hiburan yang relevan dengan pola konsumsi saat ini. Apalagi, di era digital semakin banyak yang pakai gadget,’’ ujar Fara. Kecenderungan generasi milenial yang jarang menonton TV pun membuat Space # semakin yakin dengan web series-nya.

Dari segi produksi, effort dan biaya yang diperlukan tidak sebesar membuat film atau sinetron. Proses syuting tidak lama karena durasi satu episode tidak lebih dari 15 menit. Hasilnya juga cukup diunggah ke kanal YouTube.

Minim biaya distribusi pula karena sudah tersebar di internet secara otomatis. Apa lagi kalau ada user yang membagikan tautan link-nya. Jumlah viewer juga bisa cepat meningkat. Itu jelas memotong banyak tahapan dari sisi distribusi.

Salah satu karya Space # yang cukup populer adalah Kenapa Belum Nikah? (KBN). Judulnya (tentu saja) mewakili para jomblo di tanah air yang kerap ditanya kapan mereka mengakhiri kesendirian. Itu pertanyaan yang paling mereka hindari!

Seri web yang tayang sejak Maret 2018 itu dijamin bikin baper. Tiap episodenya memiliki cerita cinta yang berakhir tragis dan itu alasan si tokoh utama nggak nikah-nikah juga.

Dengan menyajikan serial KBN, Space # ingin memberikan sudut pandang lain tentang alasan seseorang belum menikah. Tujuannya, orang-orang di sekitarnya tidak memandang sebelah mata atau nyinyir. Juga untuk memberikan support moral kepada para jomblo.

Media untuk bisa mendapatkan hiburan kini semakin luas. YouTube adalah salah satu di antaranya. Mulai klip video, vlog, hingga web series, semua ada

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News