Webinar MIPI Bahas Ilmu Pemerintahan dalam Perspektif Kybernologi, Apa Itu?

Webinar MIPI Bahas Ilmu Pemerintahan dalam Perspektif Kybernologi, Apa Itu?
Ketua Umum MIPI DR Bahtiar membuka webinar "Memahami Ilmu Pemerintahan (Sesi 6): Perspektif Kybernologi, Sabtu (18/2). Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menggelar webinar "Memahami Ilmu Pemerintahan (Sesi 6): Perspektif Kybernologi", yang dimoderatori Aprilianita Putri, Sabtu (18/2).

Webinar yang dibuka Ketua Umum MIPI Bahtiar ini menghadirkan narasumber tunggal DR Muhadam Labolo, Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang juga Bidang Pengembangan Keilmuan dan Kerja Sama Perguruan Tinggi MIPI.

Bahtiar saat membuka webinar mengatakan, pemahaman terkait ilmu pemerintahan menjadi hal yang akan MIPI sajikan.

Webinar bertema sama, tetapi dengan beragam perspektif tersebut telah MIPI selenggarakan hingga terakhir sesi 5.

Bahtiar berharap perbagai pandangan telah dikemukakan oleh para ahli pada webinar MIPI bisa memudahkan publik dalam memahami ilmu pemerintahan.

“Tema-tema yang berat ini kenapa menjadi penting? Karena sekali lagi, sebagai organisasi yang nyata-nyata judulnya adalah organisasi Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia, jadi untuk (memberikan) pemahaman dasar paling tidak tentang ilmu pemerintahan,” kata Bahtiar, yang saat ini menduduki jabatan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Bahtiar menambahkan, webinar ini sebagai upaya MIPI dalam mendorong dialektika tentang ilmu pemerintahan bisa dibuka ke ruang publik sehingga pertarungan gagasan dan pemikiran terjadi. Selain itu juga sebagai upaya agar ilmu pengetahuan berkembang.

Ilmu Pemerintahan dalam Perspektif Kybernologi

DR Muhadam Labolo dalam paparannya menjelaskan bahwa pemerintahan merupakan gejala sosial yang tumbuh dan berkembang di setiap kelompok masyarakat.

Webinar MIPI kali ini membahas Ilmu Pemerintahan dalam perspektif kybernologi, simak penjelasan DR Muhadam Labolo dari IPDN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News