Wisma Kosgoro Dilalap Api, JK Minta Gedung Tinggi Dievaluasi

Wisma Kosgoro Dilalap Api, JK Minta Gedung Tinggi Dievaluasi
foto: natalia/jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut angkat suara terkait kebakaran yang terjadi pada Wisma Kosgoro di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin malam (9/3). JK menyarankan Dinas Damkar sigap dalam menyediakan peralatan.

Pasalnya beberapa alat Damkar disimpan di Ciracas, Jakarta Timur. Jarak yang sangat jauh plus lalu lintas yang padat membuat petugas lambat memadamkan api di lokasi kebakaran.

"Biasanya memang harus standby (alat). Siapa tahu ada masalah di tempat lain. Tapi memang walaupun saya lihat ketinggiannya tidak mencapai," ujar JK di Jakarta Selatan, Selasa, (10/3).

Selain itu, sambung JK, seharusnya ada cara lain untuk mengantisipasi kebakaran di gedung-gedung tinggi. Terutama, dari sisi perawatan gedung tersebut. Jika tidak, antisipasi awal kebakaran akan sulit dilakukan.

"Water sprinklenya harus dicoba terus. Mungkin tidak jalan.  Secara rutin harus ada pemeriksaan itu sebenarnya. Jalan tidak mekanisme di dalamnya," tegas JK.

Sebelumnya, sistem hidran dan pengamanan gedung di Wisma Kosgoro memang bermasalah. Dinas Damkar DKI mengaku sudah memberi teguran pada pengelola gedung milik Hayono Isman itu sejak 2005 silam. Namun, belum ada perbaikan. Akibatnya, saat kebakaran, tidak ada antisipasi awal dari pihak gedung. (flo/jpnn)


JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut angkat suara terkait kebakaran yang terjadi pada Wisma Kosgoro di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News