Yakin Pencuri Fosil Bukan Pemain Kecil

Yakin Pencuri Fosil Bukan Pemain Kecil
Yakin Pencuri Fosil Bukan Pemain Kecil
JAKARTA -- Pencurian fosil situs binatang purba yang berhasil digagalkan aparat pada Rabu petang (13/10) mendapat apresiasi Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala (Ditjen Sepur) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar). ’’Mereka ini bukan pemain kecil lagi. Karena sudah mengerti dan sangat paham, mana yang harganya mahal dan mereka sudah tahu mendeteksi fosil yang sangat bagus,’’ jelas Aurora Tambunan, Dirjen Sepur di Jakarta kemarin (14/10)

Sekadar diketahui, Rabu sekitar pukul 18.00 WIB, Polsek Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, berhasil menggagalkan pencurian fosil situs binatang purba. Barang bukti satu truk fosil binatang purba yang bernilai puluhan miliar rupiah ditahan. Lokasi kejadian tersebut kurang lebih 17 km di sebelah utara Solo.

Dari penangkapan tersebut ditemukan 600 potong fosil binatang purba yang terdiri atas rahang atas, rahang bawah, paha, dan bagian-bagian gigi gajah purba. ’’Setelah mendapatkan laporan, kami langsung mengirimkan 2 ahli biologis dan ahli fosil untuk meneliti, dan penelitian baru berakhir tadi malam pas tengah malam (tengah malam kemarin, Red),’’ jelas wanita berkacamata tersebut.

Keberhasilan pihak aparat setempat tidak saja menyelamatkan satu truk fosil. Tetapi juga berhasil memberikan kepercayaan kepada UNESCO bahwa Indonesia bisa merawat dan melestarikan benda bersejarah yang harganya tak ternilai.

JAKARTA -- Pencurian fosil situs binatang purba yang berhasil digagalkan aparat pada Rabu petang (13/10) mendapat apresiasi Direktorat Jenderal Sejarah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News