Yakin Polisi Lacak Penjual Sianida yang Dipakai Bunuh Mirna

Yakin Polisi Lacak Penjual Sianida yang Dipakai Bunuh Mirna
Es kopi Vietnamese. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kepolisian diyakini telah menelusuri dari mana pelaku pembunuh Wayan Mirna Salihin memeroleh racun sianida. Pasalnya, racun tersebut merupakan bukti utama kasus dengan tersangka Jessica Kumala Wongso ini. 

"Saya kira polisi sudah melacak mengenai sumber distributornya, terus marketnya, terus pembelinya siapa," ujar Kriminolog dari Universitas Indonesia Bambang Widodo Umar kepada JPNN, Rabu (3/2).

Meski diyakini telah melakukan pelacakan, Bambang mengakui pekerjaan tersebut tidak mudah. Pasalnya, Indonesia cukup luas. Selain itu, kemungkinan perusahaan distributor yang memasok sianida ke Indonesia juga tidak hanya berada di Jakarta. 

"Indonesia kan luas sekali, Jakarta saja cukup luas. Jadi memang melacak awal mula dari mana (sianida,red) berasal, itu membutuhkan informasi yang tepat dan yang pas," ujarnya.

Meski begitu Bambang mengakui perusahaan distributor sianida tidak mudah memberi izin kepada masyarakat untuk memeroleh sianida. Tidak seperti membeli produk-produk lain. Bahkan penyalur juga biasanya tidak akan mengabulkan permintaan pembeli, kalau tidak ada alasan yang tepat. 

"Mendapatkan sianida itu cukup sulit. Tidak semudah membeli produk lain. Kalau (penyalur,red) misalnya apotik tertentu menilai alasan pembelian tidak jelas, maka enggak akan dikabulkan," ujar Bambang.(gir/jpnn)


JAKARTA - Kepolisian diyakini telah menelusuri dari mana pelaku pembunuh Wayan Mirna Salihin memeroleh racun sianida. Pasalnya, racun tersebut merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News