Yakinkan Hutan Wasior Masih Perawan

Yakinkan Hutan Wasior Masih Perawan
Yakinkan Hutan Wasior Masih Perawan
JAKARTA-- Menteri Sosial Salim Assegaf Al-Jufri membantah jika bencana banjir bandang di Wasior, Papua Barat akibat pembalakan liar. Dia menyimpulkan, banjir vandang murni bencana alam akibat tingginya curah hujan.

"Tidak benar banjir Wasior karena pembalakan liar. Saya sudah memantau langsung ke lokasi dan melihat dari pesawat kalau hutan di sana masih terpelihara. Boleh dikata hutannya masih perawan karena sebagian besar merupakan kawasan hutan lindung," beber Assegaf dalam keterangan persnya, Sabtu (9/10).

Dia menambahkan, akibat hujan yang terus menerus ditambah banyaknya pohon tumbang membuat kondisi Warior makin parah. "Saya lihat pohon yang tumbang masih dengan akar-akarnya. Kalau pohon yang ditebang kan tidak seperti itu. Tidak ada kayu gelondongan di lokasi, yang ada ya pohon tumbang itu yang keseret banjir bandang," ucapnya.

Mengenai kondisi Warior terkini, Assegaf menambahkan, 80 persen rumah warga hancur. Lantaran kena hantaman batu gunung yang berukuran besar. Di samping hantaman pohon. "Sekitar 126 korban meninggal dan lebih dari 200 orang mengalami luka berat serta ringan," pungkasnya. (esy/jpnn)

JAKARTA-- Menteri Sosial Salim Assegaf Al-Jufri membantah jika bencana banjir bandang di Wasior, Papua Barat akibat pembalakan liar. Dia menyimpulkan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News