Yakinlah, Kader Bela Negara Mampu Menanggal Terorisme

Yakinlah, Kader Bela Negara Mampu Menanggal Terorisme
Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabadiklat) Kementerian Pertahanan, Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin diwawancara wartawan usai menutup Diklat Bela Negara dari LSM Barisan Patriot Bela Negara di Pusdiklat Bela Negara, Bogor Jawa Barat, Minggu (31/7). FOTO: Puskom Publik Kemhan

jpnn.com - BOGOR - Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabadiklat) Kementerian Pertahanan, Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin yakin dan optimistis akan kemampuan para kader bela negara khususnya dalam menangkal terorisme. Sebab mereka (kader bela negara, red) telah mengikuti pendidikan dan latihan sehingga akan mampu memberikan kontribusi bagi negara.

"Mereka di lapangan akan menjadi warga negara produktif, baik dan memberikan kontribusi. Ya memberikan informasi ke aparat keamanan tentang situasi,” kata Mayjen TNI Hartind Asrin usai menutup Diklat Bela Negara dari LSM Barisan Patriot Bela Negara di Pusdiklat Bela Negara, Bogor Jawa Barat, Minggu (31/7).

Hartind mengatakan, para kader bela negara dari LSM itu sudah dibekali dengan ilmu intelijen dasar yaitu Badan Pengumpul Keterangan (Bapulket). Sehingga, menurutnya, para kader tersebut akan memiliki kepekaan dan melapor dengan cepat terkait situasi di sekitarnya.

"Cara melapor mereka sudah diajarin. Mereka sudah bisa membuat laporan Informasi. Mereka bisa kok bagaimana mencari A-1 A-2. Praktik mereka semuanya sama saya. Kebetulan pematerinya saya. Saya background intelijen. Hampir mereka sudah bisa semua,” ujar Hartind.

Hartind menyebut, para kader bela negara dari LSM yang baru saja mengikuti diklat itu akan menjadi salah satu ujung tombak dalam menangkal terorisme. Mereka, kata Hartind, akan bergerak untuk menggali informasi, membaca situasi dan melakukan pelaporan tanpa diketahui.

"Teroris kan nggak tahu kalau dia laporan. Dia kan dilatih sama saya bagaimana melihat situasi, bagaimana melaporkannya, siapa yang melakukan, dicatat semuanya sama dia. Sehingga kita sebagai aparat keamanan di wilayah akan mendapatkan informasi yang cepat untuk melakukan tindakan," kata perwira tinggi TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1983 itu.

Untuk diketahui, LSM Barisan Patriot Bela Negara sendiri melakukan pendidikan bela negara selama tiga hari sejak Kamis (28/7). Ada 216 peserta terdiri dari berbagai macam latar belakang dan berasal dari semua daerah di Indonesia yang mengikuti pendidikan dan latihan tersebut.

Selain dibekali ilmu intelijen dasar, kader bela negara itu juga diberikan ilmu bidang studi dasar berupa wawasan kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Selain itu juga mereka diberikan pelajaran kepemimpinan wawasan bela negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News