Yakinlah, Warga NU Akan Mendukung Pak Mahfud

Yakinlah, Warga NU Akan Mendukung Pak Mahfud
Mahfud MD saat menjadi pembicara pada acara diskusi dan launching buku terbaru Bambang Soesatyo berjudul Indonesia Gawat Darurat di Jakarta, Minggu (31/8). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo diduga kuat telah mengerucut ke nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Sayangnya, belakangan muncul penolakan dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Pengurus Besar NU (PBNU) bahkan telah berkirim surat ke Istana tentang rekomendasi nama kader NU untuk mendampingi Jokowi. Dari empat nama yang disodorkan, tidak ada nama Mahfud MD.

Namun demikian, internal NU tidak sepenuhnya cocok dengan sikap PBNU. Salah satunya, intelektual muda NU Zuhairi Misrawi.

Ketua Pimpinan Pusat Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) itu secara tegas meminta agar PBNU membuka ruang seluas-luasnya kepada kader dan warga NU untuk berbakti pada NKRI. Hal itu sesuai dengan politik kemaslahatan yang dirumuskan NU.

“Rekomendasi 4 nama dapat ditengarai NU berpolitik praktis, bernuansa elitis, dan tidak berorientasi kemaslahatan,” jelasnya di akun Twitter @zuhairimisrawi sesaat lalu, Kamis (9/8)

Sementara mengenai nama Mahfud, Zuhairi pernah menegaskan bahwa Mahfud merupakan bagian dari warga dan kader NU. Mahfud, kata dia, pernah menjadi penasehat Ikatan Sarjana NU (ISNU) dan GP Ansor.

“Saya bersaksi Pak Mahfud MD itu kader NU. (Jadi) warga NU akan mendukung Pak Mahfud,” ucapnya. (ian/rmol)


Tokoh muda NU Zuhairi Misrawi menegaskan bahwa Mahfud MD adalah warga dan kader Nahdlatul Ulama (NU)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News