Yohana Anggraini, Generasi Kedua yang Pertahankan Kesuksesan Ayah

Yohana Anggraini, Generasi Kedua yang Pertahankan Kesuksesan Ayah
Yohana Anggraeni. FOTO: BCA for jpnn.com

jpnn.com - YOHANA Anggraini kini mendapat kepercayaan dari sang ayah, Sugiarto untuk meneruskan usahanya, PT Cipta Hasil Sugiarto (PT CHAS). Sejak 2005, Yohana pun menjadi generasi kedua dari perusahaan yang berdiri tahun 1983 silam.

Dirinya mengakui sudah sejak kecil belajar bersama sang ayah dalam menggeluti bisnis ini. Setiap libur sekolah, Yohana kerap diajak oleh sang ayah berkeliling kota-kota di Indonesia untuk melihat pekerjaannya.

"Dari kecil saya sudah tahu, tanpa sadar saya akrab begitu saja dengan pekerjaan ayah saya," katanya memulai perbincangan.

Yohana mengenal sang ayah sebagai sosok pekerja keras. Meskipun ada keterbatasan pendidikan yang dimiliki sang ayah, perusahaan dikelola dengan baik seorang diri. Perusahaan pun berkembang pesat meski masih menggunakan cara-cara konvensional. Sementara Yohana, dengan bekal ilmu manajemen, bercita-cita mengembangkan perusahaan lebih luas lagi.

"Walaupun pendidikan saya management & marketing perhotelan, paling tidak saya ada basic untuk me-manage usaha saya," ujarnya.

Sejak dipercaya untuk memegang perusahaan ini, Yohana mulai membenahi berbagai hal yang menurutnya diperlukan. Misalnya dengan membuat company profile, merapikan data-data perusahaan, melakukan register ISO, membuat standar untuk para pegawai dan kendaraan, dan sebagainya.

"Beruntungnya saya, brand perusahaan ini sudah tercipta sendiri dari pengalaman dan jam terbangnya. Word of mouth-nya sudah terbentuk," bebernya.

Meski begitu, bukan berarti Yohana tidak mengalami kesulitan. Pekerjaannya ini bukan hal yang sepele. Misalnya, ketika ekonomi sedang tidak stabil, Yohana harus bisa membawa perusahaan ini tetap untung.

YOHANA Anggraini kini mendapat kepercayaan dari sang ayah, Sugiarto untuk meneruskan usahanya, PT Cipta Hasil Sugiarto (PT CHAS). Sejak 2005, Yohana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News