Rabu, 19 Desember 2018 – 07:53 WIB

Yuk Asah Kemampuan Otak dengan Tidur Siang

Kamis, 11 Oktober 2018 – 23:11 WIB
Yuk Asah Kemampuan Otak dengan Tidur Siang - JPNN.COM

jpnn.com - Apakah Anda sudah tidur siang hari ini? Jika belum, cobalah untuk lakukan esok hari. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan segudang manfaat kesehatan.

Para ahli medis bahkan mengamini bahwa tidur siang sangatlah dianjurkan, baik dalam kondisi santai atau di sela aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan penelitian, tidur siang setiap hari selama 15–20 menit dapat membantu mengurangi stres, juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, performa kerja Anda juga akan membaik karena tingkat kewaspadaan dan fokus akan meningkat setelah tidur siang.

“Tidur siang selama 20 menit baik untuk meningkatkan fokus dan kemampuan motorik, seperti mengetik atau bermain piano. Sementara itu, tidur siang selama 30–60 menit dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan ataupun mengingat,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Nadia menambahkan bahwa tidur siang selama 60–90 menit dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyelesaikan masalah ataupun bekerja kreatif.

Tidur siang untuk memperkuat otak

Senada dengan itu, sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research mengatakan hal yang sama. Penelitian ini menyelidiki efek tidur siang singkat pada kemampuan otak untuk memproses informasi yang tidak disadari. Para peneliti menemukan memori spesifik yang mampu memperkuat orang saat sedang tertidur lewat isyarat pendengaran tertentu.

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   tidur siang Tidur
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar