Yuk, Berwisata ke Dieng Sambil Petik Sayur

Yuk, Berwisata ke Dieng Sambil Petik Sayur
Suasana kompleks Candi Arjuna di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah pada pagi hari. Foto: Radar Banyumas/JPG

jpnn.com - BANJARNEGARA – Kawasan wisata di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah terus bersolek. Di bawah pengelolaan kelompok sadar wisata (pokdarwis), objek wisata di daerah berhawa dingin itu mengembangkan potensinya agar semakin memikat para wisatawan domestik atau pun asing.

Ketua Pokdarwis Kepakisan di Batur, Sarwo mengatakan, salah satu potensi yang dimaksimalkan adalah sayuran. Tapi, bukan dengan menjual sayuran layaknya di pasar.

“Pengunjung kini bisa memetik sayuran yang dibelinya. Dengan begitu, ada kesan yang berbeda dibanding membeli di pasar. Kesan inilah yang kita jual,” katanya seperti diberitakan Radar Banyumas.

Menurutnya, pariwisata telah mengangkat perekonomian masyarakat Dieng. Salah satunya adalah homestay.

Sarwo menjelaskan, saat ini di Kepakisan terdapat 42 rumah yang dijadikan homestay. Masing-masing rumah rata-rata menyediakan empat kamar yang disewakan. “Rata-rata tarif per kamar Rp 125 ribu sehari semalam,” paparnya.

Sedangkan Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno mengatakan, industri pariwisata memiliki multiplier effect yang sangat luas. Karenanya berbagai potensi yang ada pun bisa dimaksimalkan.

“Semua mendapatkan manfaat dari bisnis wisata yang berkembang. Baik kuliner, penginapan, pusat oleh-oleh, travel dan bisnis transportasi dan sektor lainnya,” katanya.(drn/nun/jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News