Zakat Jadi Pengurang Pajak?

Zakat Jadi Pengurang Pajak?
Zakat Jadi Pengurang Pajak?
JAKARTA - Tarik ulur mengenai zakat dalam sektor pajak akhirnya tuntas. Kini, pembayaran zakat bisa menjadi faktor pengurang penghasilan bruto dalam penghitungan pajak.

Dirjen Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan, ketentuan tersebut diatur dalam "Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2010. "Disitu dijelaskan bahwa zakat dan sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib, dapat dikurangkan dari penghasilan bruto," ujarnya kemarin (22/10).

Peraturan Pemerintah yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 20 Agustus 2010 tersebut berlaku efektif per 23 Agustus 2010. Pelaksanaan aturan ini berlaku surut untuk zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib sejak 1 Januari 2009.

Tjiptardjo mengatakan, selain zakat, Peraturan Pemerintah tersebut juga mengatur bahwa sumbangan keagamaan dalam agama selain Islam juga bisa menjadi pengurang pajak. "Aturan ini diharapkan bisa semakin mendorong masyarakat untuk menjalankan kewajiban keagamaan berupa membayar zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib," katanya.

JAKARTA - Tarik ulur mengenai zakat dalam sektor pajak akhirnya tuntas. Kini, pembayaran zakat bisa menjadi faktor pengurang penghasilan bruto dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News