Zulkifli Hasan Bertemu Mendag Kanada di AS, Ini yang Dibahas

Zulkifli Hasan Bertemu Mendag Kanada di AS, Ini yang Dibahas
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional, Promosi Ekspor, Usaha Kecil, dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng. Foto: dok Kemendag

jpnn.com, DETROIT - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak Kanada untuk bersama-sama meningkatkan komitmen untuk mempercepat perundingan kerja sama ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Kanada (ICA-CEPA) segera rampung.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional, Promosi Ekspor, Usaha Kecil, dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng di Detroit, Amerika Serikat (AS), Kamis (25/5).

“Saya optimistis upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi Indonesia dan Kanada salah satunya dapat dicapai melalui Indonesia–Canada CEPA” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di sela-sela rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan dari Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade/APECMRT), 25–26 Mei 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Kanada sepakat bahwa ICA—CEPA dapat segera selesai dan memberikan manfaat besar bagi perekonomian kedua negara.

Menurut Mendag, Indonesia dan Kanada telah menyelesaikan perundingan putaran keempat ICA—CEPA pada 20–24 Februari 2023 di Bandung.

Kedua negara pun saat ini bersiap untuk menyelenggarakan putaran kelima perundingan ICA–CEPA pada akhir Mei 2023 di Ottawa, Kanada.

Sementara itu, Menteri Mary Ng menyampaikan Kanada mendorong agar rekognisi sertifikasi halal dengan Indonesia dapat segera diselesaikan.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan akan mendorong proses sertifikasi halal dan meminta akses produk pertanian Indonesia ke Kanada.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional, Promosi Ekspor, Usaha Kecil, dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News