Selasa, 23 Mei 2017 – 04:30 WIB

Even Pariwisata Andalkan Swasta, Pemerintah Hanya Support 25 Persen

Rabu, 17 Mei 2017 – 23:26 WIB
Even Pariwisata Andalkan Swasta, Pemerintah Hanya Support 25 Persen - JPNN.COM

Tour de Barelang 2016. Foto: batampos/jpg

SHARES

jpnn.com, BATAM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemko Batam, Pebrialin mengungkapkan even yang digelar pemerintah lebih sedikit dibanding even yang digelar pelaku pariwisata.

"Sekitar 22 even tahun ini, sebagian besar memang disupport pelaku pariwisata seperti perhotelan, komunitas, paguyuban. Sekitar 25 persen dari pemerintah dan supporting dari kementrian pariwisata," aku Pebrialin, Selasa (16/5) siang.

Yang digelar oleh pemerintah kota baik Disbudpar maupun OPD lain yakni seperti Kenduri Melayu, Tour de Barelang, Parade Tari Daerah, serta omba Perahu Jong. Untuk diketahui, sejumlah program tersebut sudah diadakan, seperti Lomba Jong dan Tour de Barelang, namun Pebrialin mengaku belum tahu pasti data wisatawan yang berkunjung.

"Tour de Barelang 281 orang, selain peserta mungkin ada juga. Yang lain belum kami dapatkan, biasanya kami dapatkan data ini dari BPS, setiap bulan ada daftar kunjungan wisman," kata dia.

Dia mengaku pihaknya telah mensosialisasikan kalender even, baik untuk pelaku pariwisata maupun travel agent. Hingga menyebar ke operator ferry. Namun sayang, informasi yang dihimpun Batam Pos kalender even belum menyentuh masyarakat luas.

"Sudah kita sebarkan, mungkin jumlahnya yang kurang. Disebar ke masyarakat, ini jadi masukan kami untuk menyentuh lapisan ini," ucapnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemko Batam Ardiwinata, pemerintah tengah menggenjot pembangunan infrastruktur pendukung, dengan demikian akan memberikan akses yang mumpuni bagi wisatawan.

"Tidak hanya itu, kita juga siapakan destinasi baru. Contohnya, masjid agung baru di Batuaji," ucap dia. (cr13)

TAGS   pariwisata Batam
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini