Inilah Kamar Tidur Barack Obama semasa Anak-anak tiap Kali Liburan ke Jogja

Inilah Kamar Tidur Barack Obama semasa Anak-anak tiap Kali Liburan ke Jogja
Ruang Barry,Barack Obama semasa kecil pernah menghabiskan sebagian waktunya di rumah ini, biasanya saat libur panjang 1967-1971. Foto: Setiaky.A.Kusuma/Jawa Pos Group

jpnn.com - Barry Room hanyalah bentuk penghargaan kepada Barack Obama yang dianggap masih memperlihatkan jejak karakter didikan Indonesia. Dia biasa tidur di kamar itu tiap kali liburan sekolah ke Jogjakarta.

DWI AGUS, Sleman

DI salah satu ruangan rumah bergaya Hindies itu, sebagian rekaman masa kecil mantan sosok paling berpengaruh di dunia tersimpan. Ada tempat tidur, kursi, dan kumpulan foto.

”Adanya ruangan itu menunjukkan kepada generasi muda bahwa UGM pernah menginspirasi Barry. Semoga sifat-sifat dia juga bisa menginspirasi generasi muda,” kata Widodo, pengelola Museum Universitas Gadjah Mada (UGM) di Sleman, kepada Radar Jogja (Jawa Pos Group) kemarin (1/7).

Barry yang dimaksud Widodo adalah Barack Obama. Di rumah yang dulu ditempati Prof Dr Iman Soetiknjo itulah mantan presiden Amerika Serikat dua periode tersebut sering singgah.

Yakni pada periode 1966–1971, tiap kali masa libur sekolah tiba. Prof Iman masih terhitung paman tiri Obama dari ayah tirinya, Lolo Soetoro.

Di Jogjakarta pula, sang ibunda Ann Dunham, seorang antropolog, pernah melakukan penelitian kependudukan bersama Prof Dr Masri Singarimbun.

Rumah tersebut sepenuhnya difungsikan sebagai Museum UGM. Nah, ruangan di rumah itu yang dulu biasa ditempati si Barry –nama kecil Obama– itulah yang kini diubah menjadi Barry Room. ”Sebagai bentuk penghargaan (kepada Obama, Red),” ucap Widodo.

Barry Room hanyalah bentuk penghargaan kepada Barack Obama yang dianggap masih memperlihatkan jejak karakter didikan Indonesia. Dia biasa tidur di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News