Langkah Strategis Suzuki Marine Tahun Ini, Perluasan Jaringan dan Edukasi Pasar

Langkah Strategis Suzuki Marine Tahun Ini, Perluasan Jaringan dan Edukasi Pasar
Mesin tempel Suzuki di IIMS 2019, JiEXPO Kemayoran, Jakarta. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejak kiprah Suzuki Marine pada 1994, penjualan mesin tempel kapal lansiran Suzuki sudah tersebar gingga Ambon dan Papua. Tahun ini, salah satu divisi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut akan menambah lagi jaringan baru.

Deputy General Manager Marine Department, Gunardi Prakosa menyatakan bahwa tahun ini, Suzuki Marine akan menambah satu jaringan lagi di Kota Batam.

BACA JUGA: Transportasi Laut Dukung Kiprah Bisnis Mesin Tempel Kapal Suzuki

"Kota Batam akan segera kita buka jaringan Suzuki Marine di sana. Dengan standar layanannya 3S (sales, service dan spare parts). Batam cukup potensial bagi pasar kami, terutama kebutuhan transportasi lautnya," ungkap Gunardi kepada wartawan, di JiEXPo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Dari sembilan dealer resmi Suzuki Marine, PT North Marine Spot menjadi salah satu kontributor terbesar bagi penjualan produk mesin tempel Suzuki di Indonesia.

Pada kuartal pertama 2019, PT North Marine Spot mampu berkontribusi 18 persen terhadap total penjualan mesin tempel Suzuki di Indonesia.

"Jika dibandingkan hasil periode kuartal pertama tahun sebelumnya, kami mengalami kenaikan sekitar 6 persen. Ini disumbangkan cukup besar dari penjualan mesin tempel 4-tak sekitar 67 persen," kata pemilik PT North marine Spot Oscar Tenggara, pada kesempatan yang sama.

Dari jenis mesin tempel 4-tak, paling laris lanjut Oscar, ialah yang berkapasitas 150 PK hingga 325 PK. Kontribusinya sekitar 38 persen. Sementara sektor pendorongnya masih di bisnis transportasi.

Sejak kiprah Suzuki Marine pada 1994, penjualan mesin tempel kapal lansiran Suzuki sudah tersebar gingga Ambon dan Papua. Tahun ini, salah satu divisi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut akan menambah lagi jaringan baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News