Raja Salman Datang, Kesempatan Minta Diskon

Raja Salman Datang, Kesempatan Minta Diskon
Raja Salman Abdulaziz Al-Saud. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah RI akan memanfaatkan kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di sektor energi.

Salah satu yang dinegosiasikan adalah pembelian minyak dari Saudi Aramco dengan harga lebih murah.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Sujatmiko mengungkapkan, pemerintah menginginkan diskon harga jika dibandingkan dengan harga pasar.

’’Kami minta harga spesial. Crude (minyak mentah, Red) sebanyak 110 ribu barel per hari, jenisnya Arabian light crude,’’ ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, kemarin (27/2).

Ada pula rencana impor elpiji dari Saudi Aramco. Pemerintah mengharapkan separo dari total impor elpiji bisa didapat dari perusahaan migas milik Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Bukan hanya itu, pemerintah juga bakal melobi Arab Saudi agar Pertamina bisa memasok avtur di Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Hingga kini, tercatat sudah ada enam operator yang menyediakan avtur di bandara tersebut.

Rencananya, Pertamina membentuk perusahaan joint venture dengan korporasi di Arab Saudi untuk menjadi penyedia avtur di Bandara King Abdulaziz.

Pemerintah RI akan memanfaatkan kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di sektor energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News