Suhardi Alius Beberkan Cara Menekan Radikalisme

Suhardi Alius Beberkan Cara Menekan Radikalisme
2nd International Meeting on Counter Terrorism (IMCT) di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/8). Foto: BNPT for JPNN

jpnn.com - NUSA DUA - Terorisme musuh bersama semua bangsa. Karena itu, seluruh bangsa di seluruh dunia harus kerja sama dalam melakukan penanggulangan terorisme.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius pada 2nd International Meeting on Counter Terrorism (IMCT) di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/8).

"Sejak ISIS muncul ke permukaan isu Foreign Terrorism Fighter (FTF)  menjadi masalah baru bagi semua negara termasuk Indonesia karena pelaku aksi terorisme bukan saja dari lokal tetapi juga dari luar masuk ke dalam negara tertentu melakukan berbagai aksi. Fenomena inilah yang menjadi salah satu perhatian kami dalam melakukan penanggulangan terorisme," ungkap Suhardi.

Ironisnya, lanjut Suhardi, karena internet yang kini marak digunakan sebagai jalur komunikasi, justru menjadi 'sarang' teroris untuk memperlancar komunikasi antara sesama guna melakukan tindakan atau perekrutan anggota baru.

Selain itu, fenomena hijrah ke wilayah konflik sebagaimana yang terjadi saat ini, di mana para simpatisan ISIS pada hijrah ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan kelompok militan tersebut.

Hal ini sebenarnya sudah pernah terjadi di Indonesia beberapa tahun lalu. Saat itu, ratusan WNI hijrah ke Afghanistan untuk bergabung dengan Al Qaeda.

"Apa yang terjadi di Bali beberapa tahun lalu merupakan efek hijrahnya orang-orang ini ke Afghanistan. Pemerintah tidak ingin hal ini terjadi lagi bagi WNI yang kembali dari Irak dan Suriah," tegas Suhardi.

Suhardi juga menekankan bahwa penyelundupan manusia perlu menjadi perhatian semua pihak. Sebab, perekrutan yang dilakukan oleh anggota ISIS bagian dari penyelundupan manusia.

NUSA DUA - Terorisme musuh bersama semua bangsa. Karena itu, seluruh bangsa di seluruh dunia harus kerja sama dalam melakukan penanggulangan terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News