Survei Terbaru, Pasangan Berkah Ungguli Petahana

Survei Terbaru, Pasangan Berkah Ungguli Petahana
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Indexpolitica metilis survei elektabilitas pasangan calon Pilkada Kabupaten Bombana 2017. Hasilnya, pasangan Kasrah Jaru Munara–Man Arfah (Berkah) unggul dari petahana H Tafdil-Johan Salim (Bertahan).

Survei dilakukan pada 8-12 Januari 2017 terhadap 600 responden yang tersebar di 22 kecamatan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Indexpolitica menggunakan metode multi stage random sampling dengan wawancara langsung kepada responden. Margin of error survei ini adalah 4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Pasangan Berkah akan menang dengan suara 54,34 persen jika pilkada dilakukan pada hari ini mengunguli pasangan incumbent Bertahan dengan 45.66 persen,” ujar peneliti Indexpolitica Arum Kusumatingtyas dalam keterangan pers yang diterima JPNN, Selasa (24/1).

Dikatakan dia, elektabilitas Berkas dapat terus naik sampai hari pencoblosan. Hal ini terlihat dari rasio tingkat kesukaan pasangan calon di mana Berkah mengungguli Bertahan.

“Rasio popularitas dan tingkat kesukaan pasangan Berkah adalah 0.55 sedangkan pasangan calon BERTAHAN hanya 0.50,” jelas Arum.

Hanya saja, lanjut dia, swing voter masih cukup besar di Kabupaten Bombana yakni 34,33 persen.

Artinya masing-masing pasangan calon perlu memberikan program kerja yang jelas untuk dapat mempengaruhi swing voter memilih mereka. (dil/jpnn)


 Indexpolitica metilis survei elektabilitas pasangan calon Pilkada Kabupaten Bombana 2017. Hasilnya, pasangan Kasrah Jaru Munara–Man


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News