ITB Menduga Klem Jembatan Aus

ITB Menduga Klem Jembatan Aus
ITB Menduga Klem Jembatan Aus
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menerjunkan tim Pusat Mitigasi Bencana untuk meneliti penyebab putusnya jembaran Kertanegara II di Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Tim ITB akan bekerjasama dengan Polri untuk meneliti penyebab ambruknya jembatan yang baru berusia sepuluh tahun tersebut pada Sabtu (26/11).

Guru Besar Rekayasa Struktur ITB Bambang Budiono mengatakan, ada banyak penyebab runtuhnya jembatan gantung yang selama ini menjadi ikon Kutai Kertanegara tersebut. Salah satu dugaan yang paling kuat adalah lepasnya klem pengikat kabel-kabel gantung yang menghubungkan dek jembatan dengan kabel suspensi atau kabel utama penghubung dua tiang pancang.

Dugaan ini menguat karena di lapangan ditemukan fakta bahwa kabel-kabel gantung vertikal tersebut masih utuh dan ikut terjun ke sungai. Padahal, secara teknis, kabel vertikal tersebut seharusnya putus paling dulu sebelum dek jembatan rubuh. "Ini berarti masalahnya terjadi pada klem kabel," tutur Bambang ketika dihubungi, Selasa (29/11).

Bambang menegaskan, lepasnya klem tersebut bisa disebabkan karena klem sudah aus atau pemasangannya keliru. Bila klem sudah aus, ini berarti menyalahi pakem dalam rekayasa sipil yang mewajibkan komponen penyambung bahan harus lebih kuat dibandingkan bahan yang disambung.

JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menerjunkan tim Pusat Mitigasi Bencana untuk meneliti penyebab putusnya jembaran Kertanegara II di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News