Esemka Masih Antri Izin Uji Emisi

Jika Belum Lolos, KLH Siap Dampingi

Esemka Masih Antri Izin Uji Emisi
Esemka Masih Antri Izin Uji Emisi
JAKARTA - Rencana produksi massal mobil Esemka sampai saat ini masih terkendala uji emisi atau gas buang berstandar Euro 2. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sebagai instansi yang menetapkan aturan uji emisi tersebut, siap mengawal mobil Esemka sampai mendapatkan sertifikasi lolos uji emisi Euro 2.

 

Pihak KLH sendiri melansir, sampai saat ini mobil Esemka masih antri untuk tes uji emisi Euro 2 di Balai Termodinamik, Motor, dan Propulsi (BTMP) BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Sekretaris KLH Hermien Roosita mengatakan, aturan tentang uji emisi ini sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Nomor 4 tahun 2009 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

 

Hermien mengatakan, sampai saat ini pihaknya mendapatkan informasi jika mobil Esemka masih belum melakukan uji emisi berstandar Euro 2. "Sebenarnya KLH itu yang membuat aturan. Tetapi teknis pengujiannya ada di BTMP," katanya. Meskipun begitu, dia mengatakan KLH siap mengawal proses uji emisi mobil Esemka ini.

 

Upaya KLH dalam mengawal mobil Esemka ini diantaranya, adalah dengan pendampingan serius jika nantinya mobil Esemka gagal dalam uji emisi berstandar Euro 2. Hermien sendiri belum berani memperkirakan apakah mobil Esemka bisa lolos tes uji emisi atau tidak.

JAKARTA - Rencana produksi massal mobil Esemka sampai saat ini masih terkendala uji emisi atau gas buang berstandar Euro 2. Kementerian Lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News