BBM Naik, PTN Dilarang Naikkan SPP

BBM Naik, PTN Dilarang Naikkan SPP
BBM Naik, PTN Dilarang Naikkan SPP
JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melarang seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) menaikkan SPP pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 1 April 2012 mendatang. Sebab, pemerintah akan memberikan bantuan dana operasional  kepada PTN yang diambil dari 10 persen APBNP 2012.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaa, M Nuh, menyatakan bahwa bantuan itu akan diambil dari pos Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Seluruh PTN dilarang untuk menaikkan SPP pada saat kenaikan BBM. Namun pemerintah akan memberikan bantuan di dalam PNBP perguruan tinggi sebesar 10 persen," kata Nuh di Jakarta, Senin (12/3).

Menurutnnya, besaran PNBP dari PTN pada tahun 2011 lalu mencapai Rp10,7 triliun. Sementara pada 2012, ditargetkan sebanyak Rp11,1 Triliun.

Dengan adanya penambahan ini, lanjut Nuh, maka pada tahun ini PTN akan diberi bantuan operasional sebesar Rp1,2 Triliun. "Oleh karena itu, kita sangat menjaga hal ini agar PTN tidak menambah beban masyarakat," jelasnya.

JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melarang seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) menaikkan SPP pascakenaikan harga bahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News